LOGO dpmptsp
Beranda > Berita > Bimtek/ Sosialisai Penyusunan Laporan Kegiatan Penanaman Modal, Hotel Arun…
Layanan Publik

Bimtek/ Sosialisai Penyusunan Laporan Kegiatan Penanaman Modal, Hotel Aruna Senggigi - 04 Juli 2024

Posting oleh dpmptsplobar - 4 Juli 2024 - Dilihat 39 kali

DPMPTSP LOBAR GELAR BIMTEK E-LKPM DAN OSS RBA
PJ. SEKDA : PERMUDAH INVESTASI NAMUN TETAP INDAHKAN REGULASI

Kami sangat well come terhadap investasi yang masuk ke Lombok Barat mengingat dampaknya yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami akan permudah dan bahkan gelar karpet merah. Namun demikian segala kemudahan yang diberikan harus tetap mengindahkan regulasi yang berlaku ucap Pj. Sekda Lobar H. Fauzan Husniadi saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Bimtek Pelaporan E-LKPM dan OSS RBA yang dikuti oleh sekitar 30 Investor di Hotel Aruna Senggigi (04/07/2024).

Sebagaimana diketahui bahwa kabupaten Lombok Barat kaya akan keberagaman potensi sumber daya alam sehingga tidak sedikit investor PMA dan PMDN  mulai dari skala menengah hingga skala besar tertarik menanamkan modalnya di Lombok Barat. Peluang investasi ini tentu harus dapat direalisasikan dengan memberikan jaminan kepastian hukum dan kenyamanan bagi para investor, salah satunya melalui penyelenggaraan tata Kelola penanaman modal dan penyelenggaraan perizinan yang mudah, cepat dan akuntabel.

Namun demikian investasi juga perlu diawasi guna memitigasi implikasi sosial dan lingkungan yang ditimbulkanya. Diperlukan kendali manajemen investasi dimulai dari tahap perencanaan hingga tahap realisasi  sehingga terwujud ekosistem investasi yang presisi. Adapun salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan yakni pengawasan terhadap kewajiban investor untuk melaporkan kegiatan dan realisasi investasinya melalui instrument pelaporan e-LKPM dan OSS RBA.

Kondisinya sampai saat ini masih banyak investor yang belum cukup memiliki kompetensi memadai untuk mengaplikasikan e-LKPM dan OSS RBA sebagai media pelaporannya. Diharapkan melalui bimtek yang digelar oleh DPMPTSP Lobar ini investor mahir secara mandiri dalam mengisi dan menyampaikan laporan kegiatan penanaman modalnya secara elektronik online melalui aplikasi E-LKPM dan OSS-RBA. Setelah selesai mengikuti kegiatan bimtek ini tentu tidak ada alasan lagi bagi investor atau pelaku usaha untuk abai dalam menyampaikan laporannya dengan alasan tidak memahami tata cara pelaporan kegiatan penaman modal melalui aplikasi OSS-RBA apalagi sampai dikenakan sanksi karena tidak melaporkan kegiatannya. Alhamdulillah nampak seluruh peserta bimtek antusias dan serius mengikuti simulasi aplikasi dan sosialisasi regulasi terkait investasi dari para narasumber yang berasal dari pendamping DAK DPMPTSP, konsultan, dan unsur OPD terkait.

Melalui bimtek ini juga diharapkan akan meningkatkan jumlah pelaporan realisasi investasi yang disampaikan oleh investor. Data kegiatan dan realisasi penanaman modal yang dilaporkan sangat penting bagi pemerintah daerah untuk mengetahui perkembangan kegiatan usaha serta kendala yang dihadapi oleh investor atau pelaku usaha yang nantinya akan menjadi bahan masukan bagi pemerintah daerah dalam mengeluarkan kebijakan strategis di bidang investasi atau penanaman modal.

Idealismenya, kesejahteraan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, pemerintah dan dunia usaha memiliki tanggung jawab bersama menciptakan ekosistem investasi yang positif dan kondusif. Pada satu sisi pemerintah bertanggung jawab memberikan kemudahan usaha kepada dunia usaha dan pada sisi lainnya dunia usaha juga memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam berinvestasi. Adapun bentuk tanggung jawab dunia usaha dapat berbentuk pemberian program CSR, pengutamaan penggunaan sumber daya lokal, dan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan dampak sosial dan lingkungan yang negatif di wilayah Kabupaten Lombok Barat pada umumnya dan di lingkar kawasan investasi pada khususnya.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *